Senin, 01 Oktober 2012

Review Situs E-Commerce Indonesia dan Luar negeri

Situs Indonesia
Situs ini merupakan situs jual beli buku seperti layaknya toko buku. Dalam situs ini sudah lengkap mulai dari search engine, navigasi menu yang mudah, bentuknya simple dan tidak membuat kebingungan, ada kategori tertentu untuk buku baru, promo dan buku yang direkomendasikan. Untuk dapat membeli dari situs ini dibuat registrasi dan harus login. Kelemahan dari situs ini adalah lambat karena banyak fitur yang disajikan dalam satu halaman dan hanya menyajikan bahasa Indonesia saja.

Situs ini menyediakan berbagai macam barang baik yang baru maupun bekas. Di situs ini tidak diharuskan untuk login sebelum membeli karena situs ini hanya menyediakan informasi tentang suatu barang dan untuk proses transaksi tidak dilayani. Kelebihan dari situs ini adalah bisa membeli atau menjual barang baru atau bekas, dan tampilannya sederhana dan ringan. Kelemahannya adalah kemanannya tidak terjaga karena ini hanya merupakan situs perantara dan pembeli bertanggung jawab sepenuhnya, fotonya biasanya kurang bagus dan informasi yang ditampilkan sangat sedikit.

Situs ini fokus untuk menjual berbagai macam alat elektronik dan gadget. Kelebihan dari situs ini adalah hampir lengkap untuk semua elektronik dan gadget, informasi yang diberikan sudah lengkap dan jelas, memberikan banyak pilihan cara membayar dan tampilan yang menarik dan mudah. Kelemahannya adalah gambar yang diberikan sangat sedikit dan biasanya hanya satu arah, bahasa yang digunakan hanya bahasa Indonesia sehingga belum bisa digunakan untuk worldwide dan jika dicermati harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada situs lain.


Situs ini menjual E-kupon diskon besar-besaran untuk kebanyakan restauran namun ada yang lain seperti barang dan voucher wisata. Kelebihan dari situs ini adalah menunya simpel dan banyak gambar yang menarik. Kelemahannya adalah terkadang bingung karena gambar bisa diklik, hanya untuk beberapa kota besar saja seperti Jakarta dan Bandung, dan bahasa yang digunakan bercampur antara bahasa Inonesia dan Inggris.

Situs ini menjual bermacam-macam barang sama seperti amazon.com. Kelebihan dari situs ini adalah homepage sudah lumayan lengkap untuk dapat mengakses situs yang diinginkan dengan adanya kategori secara umum. Kelemahannya adalah banyak link yang berupa tulisan dan membingungkan, dan harus melewat menu navigasi homepage beberapa kali baru masuk kepada kategori khusus yang diinginkan

Situs Luar Negeri
Situs ini menyediakan berbagai macam barang mulai dari buku, otomotif, pakaian, mainan hingga software pun ada. Situs ini sudah internasional sehingga banyak negara dapat berbelanja melalui situs ini. Kelebihan situs ini adalah situs ini mudah navigasinya dan sudah terkenal keamanannya, menyediakan berbagai macam bahasa namun belum bahasa Indonesia, tampilannya bagus dan ringan. Kelemahannya

Situs ini merupakan situs lelang barang yang sebagian besar adalah barang bekas. Dalam situs ini kita tidak hanya bisa membeli namun juga menjual barang. Kelebihannya adalah dapat menampilkan berbagai macam bahasa termasuk Indonesia, barang yang ditawarkan sangat banyak dan unik karena mencakup berbagai negara, resolusi untuk gambar dari barang bagus, tidak terlalu berat dan memiliki situs tersendiri untuk handphone. Kelemahannya adalah untuk sistem bid bagi pemula akan sulit untuk melakukannya dibandingkan dengan sistem buy, tidak menyediakan jasa untuk mempermudah sehingga jika menggunakan pihak ketiga biayanya lumayan mahal.

Situs ini merupakan situs yang menjual perhiasan dengan aliran gothic. Kelebihannya adalah situs ini menggunakan gambar dan wallpaper yang menarik di setiap halamannya dan menu navigasinya sederhana dan cepat untuk proses pembelian. Kelemahannya adalah situs ini berat sekali karena banyak gambar.

Situs ini menjualm bermacam-macam seni rupa seperti lukisan dan benda-benda seni lainnya. Kelebihan dari situs ini adalah gambar yang diberikan tidak merusak unsur seninya dan lumayan ringan. Kelemahannya adalah ketika mencoba melakukan pembayaran prosesnya sangat panjang dan rumit serta baru terasa berat.

Situs ini menjual kerajinan jahit kain seperti taplak meja, korden, sapu tangan dan lain-lain. Kelebihannya adalah gambar yang dipamerkan sangat bagus dan unsur seninya ditonjolkan dalam gambarnya. Kelemahannya situs ini sangat berat karena resolusi gambar yang besar dan banyak menu yang masih belom selesai dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar